PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA

ESTI, MULYATI PRATIWI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ESTI MULYATI PRATIWI (E1E017039).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah dasar bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep IPA yang bermanfaat dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pemanfaatan media dan pengembangan pengetahuan yang kurang menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami konsep. Pembelajaran IPA memerlukan media yang memudahkan siswa memahami konsep IPA, salah satunya dengan menggunakan video pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap pemahaman konsep IPA siswa. Penelitian quasi experimental ini menggunakan nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Inpres Kaleo sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap pemahaman konsep IPA siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,023 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Selain itu, terdapat perbedaan antara nilai rata-rata pemahaman konsep IPA pada kelompok eksperimen sebesar 82,57, dengan nilai rata-rata pemahaman konsep IPA pada kelompok kontrol sebesar 72,57. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPA siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Video Pembelajaran, Pemahaman Konsep, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 May 2022 05:55
Last Modified: 30 May 2022 05:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28991

Actions (login required)

View Item View Item