TANGGUNG JAWAB BANK ATAS HILANGGNYA DOKUMEN OBJEK JAMINAN KREDIT MILIK DEBITUR (STUDI KASUS PUTUSAN No. 133 PDT/2019/PT.MTR)

RIAFAWATI, RIAFAWATI (2022) TANGGUNG JAWAB BANK ATAS HILANGGNYA DOKUMEN OBJEK JAMINAN KREDIT MILIK DEBITUR (STUDI KASUS PUTUSAN No. 133 PDT/2019/PT.MTR). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIAFAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis putusan majelis hakim sudah tepat atau tidak dalam memutus perkara antara Debitur dengan Bank NTB Syariah dan untuk mengetahui dan menganalisis pertanggung jawaban pihak Bank NTB Syariah terhadap hilangnya dokumen asli sebagai objek jaminan milik debitur. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum normatif. Pengadilan Negeri Mataram dalam putusannya menyatakan Bank NTB Syariah telah melakukan perbuatan melawan hukum dengan menghilangkan objek jaminan milik debitur dan dijatuhkan hukuman ganti rugi. Pada proses Banding dalam putusannya Majelis Hakim tidak mengabulkan permohonan banding dari debitur yang mana tidak mempertimbangkan hal-hal yang dapat merugikan korban dan dalam putusannya tidak mempertimbangkan unsur-unsur Perbuatan Melawan Hukum. Proses Kasasi di Mahkamah Agung dilihat dari pertimbanganpertimbangan Majelis Hakim dalam menjatuhkan putusan sudah tepat sesuai dengan hukum yang berlaku.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Objek Jaminan, Debitur, Pertanggung Jawaban
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 May 2022 02:36
Last Modified: 30 May 2022 02:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29005

Actions (login required)

View Item View Item