TANGGUNG JAWAB PELAKSANA KONSTRUKSI ATAS KETERLAMBATAN PEMBANGUNANN KARENA BENCANA ALAM

NUDZRANSYAH, ALIF UTAMA (2022) TANGGUNG JAWAB PELAKSANA KONSTRUKSI ATAS KETERLAMBATAN PEMBANGUNANN KARENA BENCANA ALAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NUDZRANSYAH ALIF UTAMA D1A018218.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam proyek penyediaan barang dan jasa terutama proyek konstruksi sering dijumpai kejadian yang tidak sesuai di lapangan terutama dalam sebuah proyek jasa konstruksi. Oleh karena hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk pengaturan dan hubungan hukum para pihak dalam jasa konstruksi dan juga bagaimana tanggung jawab pelaksana konstruksi atas keterlambatan pembangunan karena keadaan bencana, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Normatif merupakan penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan bahan hukum primer dan/atau dengan meneliti Undang-Undang serta putusan-putusan. Hasil dari penelitian agar mengetahui bagaimana hubungan para pihak yang diatur di dalam KUHPerdata mengenai kontrak yang umum sesuai Pasal yang ada, peraturan mengenai Undang-Undang No. 2 tahun 2017 yang mengatur mengenai jasa konstruksi, dan juga lebih spesifik mengenai Peraturan Presiden No,4 tahun 2015. Selain itu untuk mengetahui tanggung jawab pelaksana konstruksi atas keterlambatan pembangunannn karena keadaan bencana. Yang dimana ketika mengenal hubungan para pihak maka dapat diketahui bagaimana hak dan kewajiban diatur dalam kontrak tersebut baik yang diatur secara umum maupun khusus. Ketika mengenal hal tersebut dapat mengetahui bahwa penyedia jasa konstruksi tidak dapat dibebankan pertanggung jawaban karena dalam Pasal 1224 dan 1245 melindungi dan menjamin pelaksana konstruksi tersebut. Kesimpulanya force majeure tidak memutus kontrak dan ketikamenemui permasalahan ini maka semua kembali lagi ke kontrak kerja yang dibuat oleh para pihak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Perlindungan Hukum, Tanggung Jawab Pelaku Usaha, Jasa Konstruksi, Keterlambatan Pembangunannn
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 May 2022 11:31
Last Modified: 31 May 2022 11:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29017

Actions (login required)

View Item View Item