TANGGUNG JAWAB PERDATA PIHAK PENGUSAHA GELONDONGAN EMAS SECARA ILEGAL TERHADAP PENCEMARAN LIMBAH MERKURI DI DESA LALAR LIANG ( Studi Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat )

TITIK, MILL ENIA ZAMANTHA (2022) TANGGUNG JAWAB PERDATA PIHAK PENGUSAHA GELONDONGAN EMAS SECARA ILEGAL TERHADAP PENCEMARAN LIMBAH MERKURI DI DESA LALAR LIANG ( Studi Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanggung jawab secara perdata pihak pengusaha gelondongan emas terhadap pencemaran lingkungan akibat limbah merkuri dan upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk menanggulangi dan melindungi lingkungan akibat kegiatan pertambangan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan penelitian hukum normatif empiris. Hasil penelitian ini menunjukkan kegiatan pengolahan emas di Desa Lalar Liang ini tidak memiliki izin dan dilakukan secara liar dan upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah dengan upaya preventif dan upaya refresif yaitu menerbitkan perda, sosialisasi, pengasan, dan mengatasi pencemaran lingkungan akibat tambang ilegal yaitu dengan cara melakukan pengalihan pekerjaan atau profesi, melakukan pengurangan penggunaan merkuri. Namun ketgiatan ini tetap dilakukan karena membantu perekonomian masyarakat agar tetap bisa melangsungkan hidupnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Tanggungjawab Perdata, Dampak,Upaya.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 May 2022 11:31
Last Modified: 31 May 2022 11:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29021

Actions (login required)

View Item View Item