TRADISI PATUS PERKAWINAN DALAM MASYARAKAT SASAK (Studi di Desa Krama Jaya Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat)

Lalu, Muhammad Maqbul Alghifari (2022) TRADISI PATUS PERKAWINAN DALAM MASYARAKAT SASAK (Studi di Desa Krama Jaya Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FILE CD SKRIPSI_LALU MUHAMMAD MAQBUL ALGHIFARI_E1B018045 -.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tradisi Patus Perkawinan merupakan suatu kesepakatan dalam kelompok untuk saling memberi bantuan berupa barang atau materi dalam suatu kegiatan hajatan pernikahan. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji proses pelaksanaan dan nilai-nilai yang terdapat dalam tradisi patus perkawinan di Desa Krama Jaya Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi yaitu pendekatan untuk menjelaskan tentang suatu kebudayaan dalam suatu individu/kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa tradisi patus perkawinan dilaksanakan dalam dua tahapan yaitu persiapan dan pelaksanaan. Dalam tahapan persiapan terdiri dari pembentukan kelompok dan musyawarah kelompok, sedangkan dalam pelaksanaan terdiri dari mengumpulkan barang dan penggunaan barang kesepakatan kelompok patus. Selain itu terdapat nilai yang terkandung dalam pelaksanaan tradisi patus perkawinan yaitu nilai gotong royong, nilai solidaritas sosial, nilai demokrasi. Penelitian ini dalam implikasinya ke masyarakat dapat dijadikan sebagai dokumen tertulis dalam menjaga dan melestarikan tradisi patus perkawinan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Tradisi, Patus Perkawianan, Nilai.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 May 2022 11:36
Last Modified: 31 May 2022 11:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29045

Actions (login required)

View Item View Item