ANALISIS HIERARKI KEBUTUHAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL 00.00 KARYA AMEYLIA FALENSIA: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA ABRAHAM MASLOW

PUTRI, FIRIANINGSIH (2022) ANALISIS HIERARKI KEBUTUHAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL 00.00 KARYA AMEYLIA FALENSIA: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA ABRAHAM MASLOW. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI FIRIANINGSIH (E1C018084).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hierarki kebutuhan tokoh utama dalam novel 00.00 karya Ameylia Falensia berdasarkan kajian psikologi sastra Abraham Maslow. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata, kalimatkalimat dan perilaku tokoh utama yang terungkap dalam penggalan-penggalan dialog pada novel 00.00 karya Ameylia Falensia. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel 00.00 karya Ameylia Falensia yang diterbitkan tahun 2021. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Sementara, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi humanis Abraham Maslow. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama telah memenuhi kelima hierarki kebutuhan meskipun ada beberapa masalah dalam hidupnya yang mempengaruhi pemenuhan kebutuhan tersebut. Adapun kebutuhan yang tidak tergambar dalam novel ini yaitu kebutuhan fisiologis berupa seks. Pemenuhan kebutuhan tokoh utama yang sedikit terganggu yaitu kebutuhan rasa aman akibat rasa trauma yang didapatkan dari ayahnya dan kebutuhan cinta dari pasangan akibat meninggalnya Masnaka. Kebutuhan aktualisasi menurut Abraham Maslow terdapat 15 poin, tetapi dalam novel 00.00 hanya terdapat 8 poin saja yang mampu Lengkara penuhi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Hierarki kebutuhan, novel, tokoh utama.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 May 2022 11:37
Last Modified: 31 May 2022 11:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29049

Actions (login required)

View Item View Item