STUDI FENOMENA PENYALAHGUNAAN KARTU KELUARGA SEJAHTERA PADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (Kasus di Kelurahan Babakan Kecamatan Sandubaya Kota Mataram)

Rahayu, Asriana Dewi (2022) STUDI FENOMENA PENYALAHGUNAAN KARTU KELUARGA SEJAHTERA PADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (Kasus di Kelurahan Babakan Kecamatan Sandubaya Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Rahayu Fenomena Penyalahgunaan KKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang fenomena penyalahgunaan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dilakukan oleh Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) di Kelurahan Babakan Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bentuk penyalahgunaan yang dilakukan oleh KPM-PKH dan (2) motif yang melatarbelakangi KPM-PKH melakukan tindakan penyalahgunaan KKS. Penelitian ini menggunakan teori motif Alfred Schutz yang berfokus pada Because of Motif dan In Order to Motive untuk menganalisis motif para aktor melakukan penyalahgunaan KKS. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk memperoleh data yang lebih mendalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Milles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa bentuk penyalahgunaan KKS yang dilakukan oleh KPM-PKH di Kelurahan Babakan adalah dengan melakukan praktik gadai KKS. Dalam praktik gadai KKS peneliti menemukan adanya dua tahapan yang dilalui oleh oknum KPM-PKH yaitu (1) negosiasi dan (2) transaksi. Adapun Because of Motif yang melatarbelakangi KPM melakukan tindakan gadai KKS adalah (1) kesulitan finansial (2) kemudahan dalam melakukan transaksi (3) pengaruh lingkungan (4) upaya pemantauan dan pencegahan yang kurang optimal (5) pemberian sanksi yang tidak tegas. Sedangkan In Order to Motive para aktor melakukan gadai KKS adalah (1) memperoleh pinjaman uang (2) memenuhi kebutuhan yang tak terduga dan mendesak (3) memperoleh pinjaman dengan lebih cepat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Penyalahgunaan, Gadai KKS, Because of Motif dan In Order to Motive
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 May 2022 11:38
Last Modified: 31 May 2022 11:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29052

Actions (login required)

View Item View Item