PENGARUH PENAMBAHAN KASCING TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) SEBAGAI BAHAN AJAR BUDIDAYA TANAMAN

MAULINA, MAULINA (2022) PENGARUH PENAMBAHAN KASCING TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) SEBAGAI BAHAN AJAR BUDIDAYA TANAMAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Maulina .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tanaman bawang merah sudah sejak lama telah diusahakan oleh petani secara intensif, karena bawang merah memiliki nilai ekonomis yang tinggi sehingga menjadi sumber penghasilan petani. Tanaman bawang merah merupakan tanaman semusim, tergolong dalam tumbuhan monokotil yang memiliki umbi berlapis-lapis yang terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu dengan daun berbentuk silinder. Pertumbuhan serta produksi tanaman bawang merah dipengaruhi oleh tingkat kesuburan tanah yang dalam prosesnya membutuhkan tambahan pupuk untuk menyuburkannya. Salah satu pupuk yang baik digunakan adalah kascing. Kascing merupakan pupuk organik yang mengandung mikroba dan unsur-unsur yang diperlukan bagi pertumbuhan tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penambahan kascing terhadap pertumbuhan tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.). Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan 10 kali ulangan. Taraf perlakuan kascing terdiri atas 0 gram, 40 gram, 80 gram, dan 120 gram kascing per 1 kg tanah. Parameter pertumbuhan dan hasil yang diamati adalah jumlah daun, jumlah umbi, tinggi tanaman, berat basah, berat kering, dan kandungan klorofil tanaman bawang merah. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Uji Anova dan Uji Rentangan Berganda Duncan pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan kascing berpengaruh nyata terhadap jumlah daun dan kandungan klorofil tanaman, namun tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah umbi, tinggi tanaman, berat basah, dan berat kering tanaman bawang merah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata kunci : kascing, pertumbuhan, tanaman bawang merah
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:34
Last Modified: 02 Jun 2022 03:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29089

Actions (login required)

View Item View Item