PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-G SMP NEGERI 5 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SUPRAYOGI, IMAM HERO (2017) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-G SMP NEGERI 5 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII-G SMP Negeri 5 Mataram tahun pelajaran 2016/2017 dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Dalam menjalankan CTL harus memunculkan tujuh komponen yakni, kontruktivisme, inqury (penemuan), questioning (bertanya), learning community (kelompok belajar), modelling (pemodelan), reflection (refleksi), dan assessment authentic (penilaian autentik). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi. Hasil penelitian pada siklus I dan II diperoleh rata-rata skor aktivitas siswa berturut-turut 11,5 dan 13,6 dengan kategori aktif kemudian meningkat menjadi sangat aktif. Prestasi siswa pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 64,71% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,24%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-G SMP Negeri 5 Mataram tahun pelajaran 2016/2017 pada materi sistem persamaan linear dua variabel

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): contextual teaching and learning (CTL), penelitian tindakan kelas, aktivitas belajar, prestasi belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 24 Apr 2018 05:06
Last Modified: 24 Apr 2018 05:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2909

Actions (login required)

View Item View Item