DINAMIKA KEPRIBADIAN TOKOH KOLONEL KALAWA MEPAKI DALAM NASKAH DRAMA PRESIDEN KITA TERCINTA KARYA AGUS NOOR

Muhammad, Elpan Suyadi (2022) DINAMIKA KEPRIBADIAN TOKOH KOLONEL KALAWA MEPAKI DALAM NASKAH DRAMA PRESIDEN KITA TERCINTA KARYA AGUS NOOR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Muhammad Elpan Suyadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk dinamika kepribadian tokoh Kolonel Kalawa Mepaki dalam naskah drama Presiden Kita Tercinta karya Agus Noor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, karena data yang di peroleh dalam bentuk kata-kata dan hal yang diamati adalah dialog yang terdapat dalam naskah drama Presiden Kita Tercinta karya Agus Noor. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode studi pustaka dan metode dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud, yaitu pada bagian dinamika kepribadian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dinamika kepribadian Kolonel Kalawa Mepaki dibagi menjadi tiga yaitu insting, kecemasan, dan mekanisme pertahanan. Insting kemudian dibagi menjadi dua, yaitu insting hidup dan insting mati. Kecemasan dibagi menjadi tiga yaitu, kecemasan realistik, kecemasan neurotic, dan kecemasan moral. Mekanisme pertahanan dibagi menjadi 10 (sepuluh), yaitu represi, sublimasi, proyeksi, pengalihan, rasionalisasi, reaksi formasi, regresi, agresi, apatis, dan fantasi. Dari 10 (sepuluh) bagian mekanisme pertahanan diri, Kolonel Kalawa Mepaki menjalankan 6 bagian, yaitu represi, proyeksi, pengalihan, rasionalisasi, reaksi formasi, agresi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: dinamika kepribadian, Kolonel Kalawa Mepaki , naskah drama Presiden Kita Tercinta, psikologi sastra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:34
Last Modified: 02 Jun 2022 03:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29091

Actions (login required)

View Item View Item