Students’ Perceptions of the Use of Youtube for Learning English (A Case Study at Eleventh-Grade Students of SMAN 1 Mataram in Academic Year 2021/2022)

Arum, Dwi Setia Ningsih (2022) Students’ Perceptions of the Use of Youtube for Learning English (A Case Study at Eleventh-Grade Students of SMAN 1 Mataram in Academic Year 2021/2022). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARUM DWI SETIA NINGSIH_E1D018014_PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi siswa tentang penggunaan youtube untuk pembelajaran bahasa Inggris. Empat puluh lima siswa di SMAN 1 Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, terlibat di dalam penelitian ini. Ini adalah penelitian metode campuran dengan studi kasus menggunakan kuesioner dan wawancara semi terstruktur sebagai teknik pengumpulan data. Analisis statistik dasar digunakan untuk menganalisis data dari kuesioner dan wawancara menggunakan model aliran oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menghabiskan lebih banyak waktu dalam menggunakan youtube selama pandemi Covid - 19 daripada sebelum pandemi. Beberapa siswa merasa senang karena mereka menggunakan youtube untuk tujuan pendidikan dan hiburan. Youtube dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Keadaan ini membuat siswa merasa nyaman ketika belajar bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, siswa menggunakan youtube untuk belajar dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Mereka menyatakan bahwa youtube memberikan banyak mereka sumber bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris mereka, khususnya keterampilan mendengarkan, pengucapan, tata bahasa, berbicara, dan menulis. Dari semua itu, keterampilan bahasa yang paling banyak dipelajari dari youtube adalah keterampilan mendengarkan. Siswa juga mengungkapkan tantangan mereka dalam menggunakan youtube untuk belajar bahasa Inggris, seperti paket data, koneksi internet yang tidak stabil, pornografi dan iklan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki persepsi positif dalam menggunakan youtube untuk pembelajaran bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Persepsi, Pembelajaran Bahasa Inggris, Youtube
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:35
Last Modified: 02 Jun 2022 03:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29096

Actions (login required)

View Item View Item