EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN PPT (Power Point) TERHADAP KECENDRUNGAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI MAN 1 BIMA TAHUN 2022

NURI, YANTI APRILIYA (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN PPT (Power Point) TERHADAP KECENDRUNGAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI MAN 1 BIMA TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NURI Y.APRILIYA SKRIPSI FX 31.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring menggunakan media video dan PPT (Power Point) terhadap kecenderungan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa di MAN 1 Bima tahun pelajaran 2022. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperimen. Penelitian ini terdiri dari 154 populasi dengan jumlah sampel 117 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket kecenderungan berpikir kritis dan angket hasil belajar dari ranah afektif dan psikomotorik, serta instrumen soal tes untuk ranah kognitif, kemudian di analisis menggunakan uji ttest dengan analisis kovarian (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan berpikir kritis pada penggunaan media video lebih efektif dibandingkan kelas kontrol dengan nilai Sig.hitung sebesar 0,375 dengan α = 0,05, thitung (2,904) > ttabel (2,026). Untuk hasil belajar ranah afektif penggunaan media video lebih efektif dibandingkan kelas kontrol dengan nilai Sig.hitung sebesar 0,502 dengan α = 0,05, thitung (2,682) > ttabel (2,026). Untuk hasil belajar ranah kognitif penggunaan media video lebih efektif dibandingkan kelas kontrol dengan nilai Sig.hitung sebesar 0,875 dengan α = 0,05, thitung (2,158) > ttabel (2,026). Untuk hasil belajar ranah psikomotorik penggunaan media video lebih efektif dibandingkan kelas kontrol dengan nilai Sig.hitung sebesar 0,619 dengan α = 0,05, thitung (2,533) > ttabel (2,026). Hal ini menandakan bahwa semua thitung > ttabel yang berarati H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti penggunaan media video efektif secara sifnifikan terhadap kecenderungan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa di MAN 1 Bima. Untuk penggunaan media PPT (Power Point), hasil analisis kecenderungan berpikir kritis memperoleh nilai Sig.hitung sebesar 0,715 dengan α = 0,05, thitung (0,370) < ttabel (2,026). Untuk hasil belajarranah afektif memperoleh nilai Sig.hitung sebesar 0,392 dengan α = 0,05, thitung (1,273) < ttabel (2,026). Untuk hasil belajar ranah kognitif memperoleh nilai Sig.hitung sebesar 0,214 dengan α = 0,05, thitung (1,265) < ttabel (2,026). Untuk hasil belajar ranah psikomotorik memperoleh nilai Sig.hitung sebesar 0,703 dengan α = 0,05, thitung (1,386) < ttabel (2,026). Hal ini menandakan bahwa semua thitung < ttabel yang berarati H0 diterima dan H1 ditolak yang berarti penggunaan media PPT (Power Point) tidak efektif secara sifnifikan terhadap kecenderungan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa di MAN 1 Bima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pembelajaran Daring, Media Video dan PPT (Power Point), Kecenderungan Berpikir Kritis, Hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:37
Last Modified: 02 Jun 2022 03:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29101

Actions (login required)

View Item View Item