STRATEGI COUNTER HYDRO-HEGEMONY ETHIOPIA TERHADAP MESIR ATAS SUNGAI NIL DALAM KASUS PEMBANGUNAN GRAND ETHIOPIAN RENAISSANCE DAM (GERD)

Muhammad, An Nagib A. Smith (2022) STRATEGI COUNTER HYDRO-HEGEMONY ETHIOPIA TERHADAP MESIR ATAS SUNGAI NIL DALAM KASUS PEMBANGUNAN GRAND ETHIOPIAN RENAISSANCE DAM (GERD). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
M. An Nagib A. S. Skripsi FIX FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan mengenai sumber air sungai yang bersifat lintas batas negara merupakan salah satu permasalahan yang menjadi bagian dari objek kajian studi Hubungan Internasional. Permasalahan mengenai problematika akan sumber daya air lintas batas negara biasanya didasari oleh keinginan oleh setiap negara yang berdaulat akan pemanfaatan sungai yang melintasi wilayah negaranya dengan sangat maksimal demi memenuhi kebutuhan dalam tuntutan pencapaian kebutuhan negaranya seperti permasalahan yang terjadi pada Sungai Nil yang diangkat di dalam penelitian ini. Mesir yang merupakan negara hilir dari Sungai Nil telah menjadi penghegemon dan mendapatkan jaminan hak atas penggunaan sungai sejak masa kolonial di Afrika. Hegemoni Mesir ini terhadap Sungai Nil terkesan negatif dikarenakan merugikan negara-negara yang menjadi riparian lainnya. Dengan menggunakan kerangka konseptual dari Framework of Hydro-Hegemony dan Hydro Diplomacy. Penulis akan melihat bagaimana respon yang diberikan oleh Ethiopia sebagai salah satu riparian hulu untuk menantang hegemoni Mesir atas Sungai Nil. Penelitian ini sendiri bersifat kualittatif dengan teknik analisis induktif yang bersifat deskriptif analitik dimana penulis berusaha untuk mengeneralisasi konsep dengan temuan data pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Sungai Nil, Mesir, Ethiopia, Hydro-hegemony, CFA, GERD
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:42
Last Modified: 02 Jun 2022 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29108

Actions (login required)

View Item View Item