ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA SEMESTER III FKIP UNIVERSITAS MATARAM PADA MATERI PENGELOLAAN LIMBAH

SITI, HULWATI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA SEMESTER III FKIP UNIVERSITAS MATARAM PADA MATERI PENGELOLAAN LIMBAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SITI HULWATI (E1M017073).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif bertujuan menganalisis kevalidan instrumen dan kemampuan literasi sains mahasiswa Pendidikan Kimia semester III FKIP Universitas Mataram pada materi pengelolaan limbah. Penelitian ini melibatkan 68 mahasiswa sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes serupa PISA berbasis literasi sains yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil kevalidan instrumen yang diperoleh dari tiga validator memperoleh rata-rata 79,40% yaitu cukup valid dan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains tapi perlu revisi. Hasil analisis yang diperoleh pada masing-masing aspek memperoleh kategori cukup diantaranya aspek pengetahuan (60,80%), aspek konteks (63,30%), aspek kompetensi (66,50%), dan aspek sikap (66,30%) sehingga didapatkan rata-rata kemampuan literasi sains mahasiswa pendidikan kimia semester III FKIP Universitas Mataram memperoleh kategori cukup (63,30%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains mahasiswa Pendidikan Kimia masih perlu ditingkatkan supaya masing-masing indikator mencapai angka cukup dan kemampuan literasi sains keseluruhan menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Analisis, Kemampuan literasi sains, Instrumen tes, Pengelolaan limbah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:43
Last Modified: 02 Jun 2022 03:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29114

Actions (login required)

View Item View Item