ANALISIS PEMASARAN KOMODITI PISANG DI KECAMATAN NARMADA

AHMAD, ARDIANSYAH (2022) ANALISIS PEMASARAN KOMODITI PISANG DI KECAMATAN NARMADA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ARDIANSYAH-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis struktur pasar komoditi pisang di Kecamatan Mataram, menganalisis tingkah laku pasar komoditi pisang di Kecamatan Narmada, dan menganalisis penampilan pasar komoditi pisang di Kecamatan Narmada. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel secara sengaja (purposive sampling) di Desa Sesaot Kecamatan Narmada. Penentuan responden dilakukan dengan teknik Slovin dan didapatkan sebanyak 44 orang petani, dan untuk penentuan responden lembaga pemasaran menggunakan Snowball Sampling. (1) Struktur pasar komoditi pisang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan melihat ada tidaknya differensiasi produk, jumlah lembaga pemasaran, hambatan keluar masuk pasar yg dialami oleh lembaga pemasaran, konsentrasi rasio dan Indeks Herfindahl. (2) Tingkah laku pasar dianalisis secara kualitatif dengan melihat praktek penentuan harga dengan melihat bagaimana harga terbentuk, ada tidaknya kerjasama antar pedagang dalam pemasaran pisang berupa modal maupun transportasi dan melihat fungsi -fungsi pemasaran yang dilakukan oleh setiap pelaku pasar. (3) Penampilan pasar dianalisis secara kuantitatif dengan melihat margin pemasaran, share petani, distribusi keuntungan dan volume penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Struktur pasar pada pemasaran pisang di Kecamatan Narmada mengarah pada struktur pasar persaingan tidak sempurna (oligopsoni) berdasarkan perhitungan konsentrasi rasio pada pedagang menunjukkan angka 87%, Indeks herfindahl terbesar dari 4 pedagang menunjukkan angka 20% (0.20), terdapat dua saluran pemasaran, ditemukan adanya differensiasi prosuk dan terdapat hambatan keluar masuk pasar yang dialami oleh pedagang. (2) Pada analisis tingkah laku pasar, harga ditentukan oleh pedagang dan ditemukan adanya Kerjasama diantara lembaga pemasaran. (3) Pada analisis penampilan pasar, saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran I karena memiliki nilai margin pemasaran terkecil, nilai distribusi keuntungan mendekati 1, volume penjualan yang lebih banyak, dan nilai share petani yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Pisang, Struktur Pasar, Perilaku Pasar, Penampilan Pasar
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:44
Last Modified: 02 Jun 2022 03:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29118

Actions (login required)

View Item View Item