ANALISIS STRUKTUR DAN MAKNA KAPATU MBOJO PADA ACARA WA’A CO’I (MENGANTAR MAHAR) PERNIKAHAN DI DESA SIMPASAI KECAMATAN MONTA KABUPATEN BIMA

Ulfa, Dwiyanti (2022) ANALISIS STRUKTUR DAN MAKNA KAPATU MBOJO PADA ACARA WA’A CO’I (MENGANTAR MAHAR) PERNIKAHAN DI DESA SIMPASAI KECAMATAN MONTA KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ulfa E1C117077.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur dan makna Kapatu Mbojo pada acara Wa’a Co’i (mengantar mahar) pernikahan di Desa Simpasai Kecamatan Monta Kabupaten Bima.Masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimanakah struktur Kapatu Mbojo pada acara Wa’a Co’i (mengantar mahar) di Desa Simpasai Kecamatan Monta Kabupaten Bima. (2) Bagaimanakah struktur Kapatu Mbojo pada acara Wa’a Co’i (mengantar mahar) di Desa Simpasai Kecamatan Monta Kabupaten Bima?.Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dan wawancara.Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian mengenai analisis struktur dan makna Kapatu Mbojo pada acara Wa’a Co’i (mengantar mahar) pernikahan di Desa Simpasai Kecamatan Monta Kabupaten Bima memilki struktur pantun terdiri dari baris, kata, rima akhir, sampiran, isi dan ide. Pada pantun terdiri dari 1 sampai 2 bait yang masing-masing baitnya terdiri dari dari 10 hingga 20 baris, jumlah kata pada setiap barisnya 3 sampai 10 kata, namun jumlah kata yang paling dominan yaitu 3 sampai 4 kata.. Pemilihan diksi pada pantun Bima pada acara Wa’a Co’i mampu menciptakan rima yang menari untuk didengar.Rima pantun terletak pada kata terakhir baris dengan kata terakhir baris berikutnya.Pantun Bima tidak memiliki sampiran.Makna pantun Bima (Kapatu Mbojo) yang terdapat pada acara Wa’a Co’i di Desa Simpasai kecamata monta Kabupaten Bima yang dimakasud yaitu pantun adalah arti dari teks atau isi pantun dan kaitan dengan konteks acara pelantunan Wa’a Co’i.Makna isi pantun dalam acara Wa’a Co’i ini dianalisis berdasarkan makna teks dan makna konteks, makna teks yang dimaksud ialah makna leksikal, makna denotative, atau makna secara harfiah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Struktur, Makna, Kapatu Mbojo,Wa’a Co’i.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Jun 2022 12:15
Last Modified: 03 Jun 2022 12:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29145

Actions (login required)

View Item View Item