PENGARUH PENERAPAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPS MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS CERITA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 32 CAKRANEGARA

ANNISA, FITRIANI (2022) PENGARUH PENERAPAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPS MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS CERITA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 32 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Annisa Fitriani Ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh antara penerapan LKPD berbasis Discovery Learning dan LKPD yang biasa digunakan di sekolah terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian control group pre-test-post-test design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SDN 32 Cakranegara tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 40 peserta didik yang terbagi dalam dua kelas. Teknik pengambilan sampel adalah cluster-random-sampling dan diperoleh kelas IV A sebagai sampel dalam penelitian ini. Materi IPS yang diajarkan yaitu Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia. Instrumen pengumpulan data yaitu soal tes, observasi, lembar wawancara, dan angket keefektifan LKPD. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji MannWhitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan dari peningkatan hasil belajar siswa dengan LKPD berbasis Discovery Learning dengan LKPD yang biasa digunakan di sekolah, (2) ada perbedaan pengaruh yang signifikan dari peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan LKPD berbasis Discovery Learning dengan LKPD yang biasa digunakan di sekolah, (3) pembelajaran IPS dengan LKPD berbasis Discovery Learning tidak efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari pada LKPD yang biasa digunakan di sekolah, dan (4) pembelajaran IPS dengan LKPD berbasis Discovery Learning efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari pada LKPD yang biasa digunakan di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: lembar kerja peserta didik, discovery learning, ips
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Jun 2022 12:15
Last Modified: 03 Jun 2022 12:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29146

Actions (login required)

View Item View Item