PERAN GULABI GANG SEBAGAI GERAKAN SOSIAL BARU DALAM PERSPEKTIF WOMEN EMPOWERMENT UNTUK MENGURANGI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DI INDIA

Dania, Juliani (2022) PERAN GULABI GANG SEBAGAI GERAKAN SOSIAL BARU DALAM PERSPEKTIF WOMEN EMPOWERMENT UNTUK MENGURANGI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DI INDIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DANIA JULIANI_PERAN GULABI GANG SEBAGAI GERAKAN SOSIAL BARU DALAM PERSPEKTIF WOMEN EMPOWE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berbagai bentuk kekerasan seperti kekerasan fisik, psikis, dan seksual masih terjadi kepada perempuan di berbagai belahan dunia, salah satunya adalah India. Budaya patriarki yang masih kental dan adanya sistem kasta menjadi penyebab mengapa kekerasan terhadap perempuan di India masih tinggi. Sehingga peran dari Pemerintah Nasional India dan rezim internasional (CEDAW) masih belum cukup untuk mengurangi kekerasan terhadap perempuan di India. Sehingga dibutuhkan peran aktor lain yang berasal dari entitas non-negara, misalnya adalah sekelompok perempuan yang memiliki visi atau tujuan untuk melindungi perempuan dari berbagai diskriminasi dan kekerasan. Kelompok tersebut adalah Gulabi Gang. Sehingga berdasarkan pada hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk; 1) Untuk mengatahui bagaimana peran Gulabi Gang sebagai women empowerment untuk mengurangi kekerasan terhadap permpuan di India; 2) Untuk mengetahui apakah Gulabi Gang dapat menghapuskan akar masalah yang menyebabkan angka kekerasan terhadap perempuan masih tinggi di India. Kemudian penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Kemudian untuk menjelaskan tujuan dari penelitian tersebut, peneliti menggunakan teori gerakan sosial baru, konsep women empowerment dan perspektif CEDAW. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Gulabi Gang sebagai sebuah gerakan sosial yang baru yang memberdayakan anggota dan perempuan di sekitarnya masih belum bisa menuntaskan akar permasalahan yakni budaya patriarki.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Gulabi Gang, gerakan sosial baru, women empowerment.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jun 2022 13:18
Last Modified: 06 Jun 2022 13:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29154

Actions (login required)

View Item View Item