“PENGARUH MODEL HYBRID LEARNING BERBANTUAN APLIKASI EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 5 MATARAM”

ADE, IRMA YUNITA SARI (2022) “PENGARUH MODEL HYBRID LEARNING BERBANTUAN APLIKASI EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 5 MATARAM”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FULL (ADE IRMA YUNITA SARI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model hybrid learning berbantuan aplikasi edmodo terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan rancangan The nonequivalent-only pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI jurusan IPS. Penentuan sampel diambil menggunakan teknik random sampling setelah melakukan penyepadanan kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes bentuk pilihan ganda yang telah memenuhi persyaratan uji instrumen penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, komparatif, dan N-gain score. Hasil N-gain score menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh model hybrid learning berbantuan aplikasi edmodo terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi. Implikasi secara teoritis bahwa model pembelajaran berorientasi konstruktivistik dapat menjadi landasan kuat dalam pembelajaran bidang sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: edmodo, hybrid learning, hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jun 2022 13:18
Last Modified: 06 Jun 2022 13:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29156

Actions (login required)

View Item View Item