PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BAURAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS BIOLOGI SISWA KELAS X SMAN 1 KURIPAN

Dita, Maulina (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BAURAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS BIOLOGI SISWA KELAS X SMAN 1 KURIPAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DITA MAULINA_NIM. E1A017015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning berbasis bauran berpengaruh terhadap keterampilan siswa berpikir kritis dan literasi sains biologi di SMAN 1 Kuripan kelas X. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ekperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-posttest control Group design.Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan instrumen tes dalam bentuk pilihan ganda (multiple choice). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis, uji normalitas,uji homogenitas, uji homogenitas varian kovarian, uji homogenitas kovarian, dan uji hipotesis berbantuan SPSS 26. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran Problem Based Learning berbasis bauran terhadap keterampilan berpikir kritis dan literasi sains biologi siswa kelas X SMAN 1 Kuripan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keywords: Bauran, Problem Base Learning, Kemampuan Literasi Sains, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jun 2022 13:18
Last Modified: 06 Jun 2022 13:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29157

Actions (login required)

View Item View Item