PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING DAN OUTCOME BASED EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 7 MATARAM

EASY, ZULFA (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING DAN OUTCOME BASED EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 7 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EASY ZULFA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan literasi sains dan berpikir kritis dinyatakan sebagai keterampilan yang esensial dalam masyarakat abad 21, untuk meningkatkan kemampuan tersebut pada kondisi pandemi covid-19 diperlukan suatu inovasi kegiatan pembelajaran yang mampu melatih kemampuan literasi sains dan berpikir kritis. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang menekankan/melibatkan masalah dalam belajar, Literasi Sains dan berpikir kritis . Literasi sains dan berpikir kritis dapat dicapai melalui pembelajaran yang ada kaitannya dengan teknologi seperti pembelajaran berbasis Blended Learning serta berorientasi pada hasil akhir (OBE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Blended Learning dan Outcomes Based Education terhadap kemampuan literasi dan berpikir kritis siswa pada materi Jamur Kelas X di SMA Negeri 7 Mataram. Metode penelitian menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design, teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling, dan data dianalisis menggunakan MANOVA dengan menggunakan SPSS 26.0. Hasil analisis Test Between Subject Effect menghasilkan nilai signifikan kemampuan literasi sains peserta didik sebesar 0,000, sedangkan kemampuan berpikir kritis menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,003. Hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Problem Based Learning berbasis Blended Learning dan Outcome Based Education terhadap kemampuan literasi sains dan berpikir kritis siswa kelas X di SMAN 7 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Problem Based Learning, Blended Learning , Literasi Sains.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jun 2022 13:18
Last Modified: 06 Jun 2022 13:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29159

Actions (login required)

View Item View Item