PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GOOGLE FORM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI

RISKA, TRIYULIANA NUGRAHENI (2022) PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GOOGLE FORM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RISKA TRIYULIANA NUGRAHENI E1S017074.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan model Blended learning berbantuan media Google form terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sosiologi. Populasi pada penelitian ini yaitu semua kelas XI IPS di SMAN 4 Mataram. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 setelah dilakukan penyepadanan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes bentuk pilihan ganda yang telah memenuhi persyaratan uji instrumen penelitian. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan model Blended learning berbantuan media Google form dengan yang tidak. Dengan mencermati nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi, maka disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model Blended learning berbantuan media Google form terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sosiologi. Implikasi praktisnya adalah model dapat digunakan dan secara teoritis memperkuat teori konstruktivistik sebagai background teori pengembangan model pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Blended Learning, Google Form, Hasil Belajar Sosiologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jun 2022 13:18
Last Modified: 06 Jun 2022 13:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29160

Actions (login required)

View Item View Item