ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN PETANI MELAKUKAN USAHATANI JAGUNG DI KECAMATAN KEMPO KABUPATEN DOMPU

Yeny, Wantiny (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN PETANI MELAKUKAN USAHATANI JAGUNG DI KECAMATAN KEMPO KABUPATEN DOMPU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
YENY WANTINY_SKRIPSI_C1G018186.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis tingkat tahapan pengambilan keputusan dalam melakukan usahatani jagung di Kecamatan Kempo; (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan petani dalam melakukan usahatani jagung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif. Unit analisisnya adalah Petani yang berusahatani jagung dan non jagung di lahan sawah pada musim tanam ketiga. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Kempo (Desa Kempo dan Desa Ta’a) dengan teknik purposive sampling. Penentuan responden ditentukan secara Quota sampling yaitu sebanyak 60 petani yakni masing-masing 30 petani untuk yang melakukan usahatani jagung dan non jagung. Pemilihan responden menggunakan metode Accidental sampling. Analisis data menggunakan skala likert dan regresi logit (uji hosmer and lemeshow test, uji omnibus test, dan uji wald). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Tingkat tahapan pengambilan keputusan dalam melakukan usahatani jagung di Kecamatan Kempo sudah dilakukan dengan sangat baik oleh petani, yaitu pada tahapan pengenalan, tahapan persuasi, tahapan keputusan, dan tahapan konfirmasinya masing-masing memiliki indeks sebesar sebesar 62,5%, 82,5%, 90,42%, dan 76,67%. (2) Berdasarkan hasil analisis regresi logistik, faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan petani dalam melakukan usahatani jagung di Kecamatan Kempo adalah luas lahan, biaya produksi dan pendapatan petani. Sedangkan faktor-faktor lain seperti umur, tingkat pendidikan, pengalaman berusahatani, jumlah tanggungan, budidaya, dan pemasaran, tidak mempengaruhi keputusan petani dalam melakukan usahatani jagung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Tanaman Jagung, Keputusan, Petani, Faktor-Faktor
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jun 2022 05:13
Last Modified: 07 Jun 2022 05:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29169

Actions (login required)

View Item View Item