PENGARUH MODEL OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI DI SMAN 1 LENEK

HIMAYATUL, IZZATI (2022) PENGARUH MODEL OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI DI SMAN 1 LENEK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FULL HIMAYATUL IZZATI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model Outdoor Learning terhadap hasil belajar Sosiologi. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Experiment dengan desain pretest posttes control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 dan kelas XI IPS 3 yang diambil dengan menggunakan tekhnik Simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen tes pilihan ganda 25 soal yang memenuhi validitas reliabilitas. Seluruh data dianalisis secara Comparatif analysis. Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan model outdoor learning dibandingkan kelas kontrol yang mengggunakan model konvensional, karena nilai mean hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi, maka disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model Outdoor Learning terhadap hasil belajar. Implikasi teoritisnya adalah penguatan teori-teori berbasis konstruktivisme yang menjadi bagian penting dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Outdoor Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jun 2022 05:10
Last Modified: 07 Jun 2022 05:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29176

Actions (login required)

View Item View Item