PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X IPS PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI MAN 1 LOMBOK TIMUR

SAHILA, RIDHIYANI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X IPS PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI MAN 1 LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SAHILA SKRIPSI SIAP CETAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya pengaruh model Treffinger berbantuan lembar kerja siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini meggunakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperimen dengan Matching control group pretest posttest design. Sampel penelitian mencakup dua kelas X MAN, yang terdiri dari 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol yang dipilih secara random setelah penyepadanan kelas. Instrumen berupa tes kemampuan berpikir kritis yang telah memenuhi validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran soal. Semua data dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis komparatif dan Uji-NGain. Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Memperhatikan mean kelas eksperimen lebih tinggi, disimpulkan bahwa model Trefinger berbantuan LKS berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil analisis NGain juga menunjukkan peningkatan masing-masing dimensi kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Implikasinya bahwa model ini meneguhkan dan menjadi suplemen dalam memperkuat teori pembelajaran beriorentasi konstruktivistik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Treffinger, Lembar Kerja Siswa, Kemampuan Berpikir
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jun 2022 05:10
Last Modified: 07 Jun 2022 05:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29177

Actions (login required)

View Item View Item