PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OTENTIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 2 KARANG BAYAN TAHUN AJARAN 2020/2021

HULIANA, FITRI (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OTENTIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 2 KARANG BAYAN TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HULIANA FITRI (E1E015037).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran otentik terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Karang Bayan tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian quasi eksperiment dengan noneequivqlent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 2 Karang Bayan. Sampel yang digunakan sebanyak 54 siswa dengan teknik sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterlaksanaan metode pembelajaran otentik diperoleh persentase sebesar 94% untuk kegiatan guru dan persentase sebesar 87,5% untuk kegiatan siswa dengan kategori, tes soal pilihan ganda dan dokumentasi. Data yang diperoleh berjenis data kuantitatif. Teknik analisis dalam penelitian ini enggunakan Uji-t dan effect size, hasil uji t diperoleh nilai sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 4,267 > 1,674 hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari perhitungan effect size diperoleh nilai sebesar 1,157. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran otentik berpengaruh sangat besar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Karang Bayan tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Metode Pembelajaran Otentik, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:40
Last Modified: 08 Jun 2022 03:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29205

Actions (login required)

View Item View Item