PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

NAJWA, NAJWA (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NAJWA (E1Q017040).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan self-efficacy dan hasil belajar fisika peserta didik yang valid dan efektif. Desain penelitian menggunakan model PPE yang terdiri dari Planning, Production, dan Evaluation. Produk yang dikembangkan yaitu silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), angket self-efficacy dan instrument soal hasil belajar kognitif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan alat evaluasi self-efficacy dan hasil belajar kognitif. Validitas produk dinilai oleh enam validator yang dianalisis menggunakan skala likert. Selanjutnya, efektivitas diperoleh dari uji coba terbatas dengan memberikan angket self-efficacy dan instrumen tes hasil belajar kognitif berupa pretest dan posttest yang kemudian hasilnya dianalisis menggunakan NGain. Hasil penilaian validator pada perangkat yang dikembangkan memiliki nilai rata-rata 3.05 sampai dengan 3.7 dengan kategori baik dan sangat baik. Kemudian, self-efficacy mengalami peningkatan dari tingkat sedang ke tinggi dengan hasil rata-rata uji N-Gain adalah 0.22 berkategori rendah, sedangkan hasil belajar kognitif mengalami peningkatan dengan hasil rata-rata uji N-Gain adalah 0,76 dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan self-efficacy dan hasil belajar fisika peserta didik valid dan efektif untuk digunakan pada materi Hukum Termodinamika.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Self-Efficacy, dan Termodinamika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:40
Last Modified: 08 Jun 2022 03:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29213

Actions (login required)

View Item View Item