PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DISCOVERY BERBANTUAN SIMULASI PHET UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

WAFA, PAINDA SARI (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DISCOVERY BERBANTUAN SIMULASI PHET UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WAFA PAINDA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran fisika berbasis discovery berbantuan simulasi Phet pada materi elastisitas dan hukum hooke untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang valid, efektif dan efisien. Desain penelitian yakni model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate. Produk yang dikembangkan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen tes penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, alat evaluasi penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif. Validitas produk dinilai oleh enam validator dan dianalisis menggunakan skala likert. Selanjutnya, efektivitas diperoleh dari uji coba terbatas dengan memberikan instrumen tes penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik berupa pretest dan posttest yang kemudian hasilnya dianalisis menggunakan N-Gain. Efisiensi produk ditentukan dari keterlaksanaan pembelajaran dan respon peserta didik terhadap pembelajaran yang dilakukan. Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kategori baik. Kemampuan penguasaan konsep hasil rata-rata N-gain sebesar 0,68 dengan kategori sedang dan keterampilan berpikir kreatif hasil rata-rata Ngain sebesar 0,63 dengan kategori sedang dan rata-rata respon peserta didik menunjukkan hasil yang positif. Berdasarakan hal tersebut, disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika berbasis discovery berbantuan simulasi phet pada materi elastisitas dan hukum hooke valid, efektif, dan efisien untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Berbasis Discovery, Simulsi Phet
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:40
Last Modified: 08 Jun 2022 03:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29215

Actions (login required)

View Item View Item