ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN USAHATANI BUAH NAGA DI PT. LADANG ARTHA BUANA KECAMATAN MOYO UTARA KABUPATEN SUMBAWA

ANDRY, RUKMANA (2022) ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN USAHATANI BUAH NAGA DI PT. LADANG ARTHA BUANA KECAMATAN MOYO UTARA KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ANDRY RUKMANA_2022.jadi 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Produksi dan harga usahatani buah naga di Kabupaten Sumbawa mengalami fluktuasi. Fluktuasi harga yang tidak menentu sering menjadi perbedaan tingkat keuntungan yang diperoleh petani dengan pemasaran yang terlibat di dalam pemasaran hasil-hasilnya. Jarak yang cukup jauh antara produsen dengan konsumen akhir mendorong terlibatnya pemasaran dalam menyalurkan usahatani buah naga dari produsen ke konsumen akhir yang mengakibatkan timbulnya berbagai resiko, besarnya biaya pemasaran yang ditanggung oleh pemasaran. Di lain pihak, petani seringkali menghadapi kendala dalam saluran pemasaran. Semakin relatif saluran pemasaran mengakibatkan margin yang semakin besar dan pada akhirnya membuat harga felatif mahal di tingkat produsen dan konsumen akhir. Demikian juga perbedaan biaya pemasaran di setiap pemasaran dapat menyebabkan distribusi keuntungan menjadi tidak adil sehingga berpengaruh pada efisiensi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menganalisis pendapatan dan efisiensi usahatani buah naga di PT. Ladang Artha Buana Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa; (2) Untuk menganalisis saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran buah naga di PT. Ladang Artha Buana Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: bagan alur saluran pemasaran dan analisis efisiensi pemasaran yang meliputi margin pemasaran, share petani dan distribusi keuntungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Saluran pemasaran buah naga pada PT. Ladang Artha Buana Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa, yaitu Petani → Pedagang Pengepul → Pedagang Pengecer → Konsumen Akhir; (2) Pemasaran buah naga pada PT. Ladang Artha Buana Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa efisien dengan margin pemasaran Rp 5000,-/kg. Share petani untuk pemasaran buah naga 0,75%. Dimana distribusi keuntungan pemasaran buah naga komoditi tersebut > 0,5. Berdasarkan hasil penelitian dapat diajukan beberapa saran sebagai berikut: (1) Agar PT. Ladang Artha Buana bisa mendapatkan keuntungan lebih hendaknya sebagian dari hasil yang diperoleh dipasarkan sendiri langsung ke konsumen akhir dan sebagian lagi dipasarkan melalui lembaga pemasaran Sandubaya Kota Mataram lebih memberdayakan kelompok tani yang ada terutamauntuk menangani pemasaran hasil sehingga pemasaran sayuran yang sebagaimana yang diberlakukan saat ini.; (2) Diharapkan PT. Ladang Artha Buana memasarkan lebih banyak ke konsumen akhir agar lebih banyak mendapatkan keuntungan dan yang dihasilkan tidak tergantung kepada pedagang pengepul dan pemasaran usahatani buah naga menjadi lebih efisien. _________________________________

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Buah naga, Pemasaran, Efisiensi Pemasaran.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:40
Last Modified: 08 Jun 2022 03:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29217

Actions (login required)

View Item View Item