PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON MENGGUNAKAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

SRI, HAJRATUN (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON MENGGUNAKAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SRI HAJRATUN (E1Q017053).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran Hukum Newton menggunakan model Concept Attainment yang layak, efektif, dan praktis untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Model penelitian yang digunakan yaitu model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate. Produk yang dikembangkan yaitu silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), materi ajar, media pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrument soal pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon guru dan peserta didik, dan soal pemahaman konsep. Produk memenuhi kriteria cukup valid ditunjukkan dari persentase penilaian oleh tiga validator ahli dan tiga validator praktisi yang mencapai 81,09% dan 83,81% berkategori cukup valid. Produk memenuhi kriteria efektif dengan pemahaman konsep peserta didik mengalami peningkatan dengan hasil rata-rata uji N-Gain sebesar 0.52 berkategori sedang. Produk memenuhi kriteria kepraktisan dilihat berdasarkan respon positif peserta didik terhadap pembelajaran yang mencapai 86,32% berkategori cukup praktis, serta guru memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Berdasarkan interpretasi data tersebut, maka dikatakan bahwa perangkat pembelajaran Hukum Newton menggunakan model Concept Attainment yang layak, efektif, dan cukup praktis untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pengembangan perangkat, pemahaman konsep, model Concept Attainment.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:41
Last Modified: 08 Jun 2022 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29218

Actions (login required)

View Item View Item