HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS 4 KECAMATAN SELAPARANG

HARMILA, ADHANI (2022) HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS 4 KECAMATAN SELAPARANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
HARMILA ADHANI E1E015032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

BPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya hubungan antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Gugus 4 kecamatan selaparang yang terdiri dari 3 SD yaitu SDN 33 Mataram, SDN 34 Mataram, dan SDN 24 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus 4 Kecamatan Selaparang sebanyak 119 siswa. Jumlah sampel 54 siswa diperoleh dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket atau angket yang disusun pada skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar siswa (visual, audio, kinestetik) dengan hasil belajar IPS. Besar koefisien korelasi antara gaya belajar siswa (visual, audio, kinestetik) dengan hasil belajar IPS adalah 0,605 dan termasuk dalam kategori kuat. Hal ini menunjukkan bahwa 36,6% hasil belajar IPS dipengaruhi oleh gaya belajar siswa, sedangkan sisanya 63,4% dipengaruhi oleh faktor lain seperti motivasi belajar, pola asuh orang tua, dan lingkungan belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kata kunci: gaya belajar, hasil belajar, siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:41
Last Modified: 08 Jun 2022 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29221

Actions (login required)

View Item View Item