UJI DAYA HASIL DAN VARIABILITAS BEBERAPA GENOTIPE KACANG TANAH GENERASI F3 HASIL PERSILANGAN TOLERAN NAUNGAN DAN KEKERINGAN

Mia, Aulia Ilahi (2022) UJI DAYA HASIL DAN VARIABILITAS BEBERAPA GENOTIPE KACANG TANAH GENERASI F3 HASIL PERSILANGAN TOLERAN NAUNGAN DAN KEKERINGAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Mia Aulia Ilahi_C1M017083.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui galur-galur kacang tanah (Arachis hypogaea L.) berdaya hasil tinggi dan memiliki nilai variabilitas yang luas.Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan percobaan langsung dilapangan. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri atas 20 perlakuan genotipe. Setiap perlakuan diulangsebanyak tiga kali pengulangan sehingga diperoleh 60 unit percobaan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sigerongan, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat pada bulan Mei sampai dengan bulan Agustus 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan genotipe memberikan pengaruh yang berbeda nyataterhadap karakter jumlah daun, berat segar polong, dan berat kering polong berisi per rumpun, sedangkan pada karakter lainnya tidak berbeda nyata. Galur atau genotipe kacang tanah yang berdaya hasil tinggi terdapat pada galur G300-II dengan rerata berat kering polong yaitu 407.73 gram atau setara dengan 25 ton/Ha.Hampir semua karakter tanaman menunjukkan variabilitas yang luas kecuali pada karakter tinggi tanaman dan jumlah cabang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Kacang tanah, uji daya hasil, variabilitas
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jun 2022 00:06
Last Modified: 09 Jun 2022 00:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29240

Actions (login required)

View Item View Item