PROBLEMATIKA GURU DALAM MEMBELAJARKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN 2 SELEBUNG

NERA, ARTATI LAFIANA (2022) PROBLEMATIKA GURU DALAM MEMBELAJARKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN 2 SELEBUNG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
AA_SKRIPSI (PROPOSAL) BENAR 11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) juga mempunyai hak dan kesempatan yang sama seperti halnya anak normal dalam hal pendidikan. SDN 2 Selebung merupakan sekolah yang memiliki 10 (sepuluh) ABK yang tersebar disetiap kelas. Setiap ABK membutuhkan perawatan yang berbeda dan guru berperan sebagai peran utama dalam hal ini. Oleh karena itu penelitian ini akan memaparkan problematika guru dalam membelajarkan anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika guru dalam membelajarkan anak berkebutuhan khusus di SDN 2 Selebung. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Narrative Inquiry. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data Model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang dialami oleh guru diantaranya: 1) Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus. 2) Menyampaikan materi pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus. 3) Menentukan metode pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus. 4) Mengajak anak berkebutuhan khusus bekerja sama. 5) Mengatur waktu untuk anak berkebutuhan khusus. Dapat disimpulkan bahwa guru di SDN 2 Selebung mengalami problematika dalam membelajarkan anak berkebutuhan khusus yang disebabkan oleh beberapa hal, yang paling berdampak yakni karena kurangnya pemahaman guru tentang ABK, sikap ABK dan keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Problematika Guru, Anak Berkebutuhan Khusus, SDN 2 Selebung.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jun 2022 00:06
Last Modified: 09 Jun 2022 00:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29241

Actions (login required)

View Item View Item