STRATEGI PEMERINTAH DESA DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SURALAGA LOMBOK TIMUR

IKMAL, MAULANA (2022) STRATEGI PEMERINTAH DESA DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SURALAGA LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_IKMAL MAULANA_L1C018039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemerintah pusat dan daerah telah mengeluarkan kebijakan untuk menanggulangi krisis yang ditimbulkan akibat Covid-19 berupa pemberian perlindungan sosial untuk masyarakat terdiri dari bantuan langsung tunai (BLT) dan bantuan langsung non tunai yang ditujukan untuk membantu masyarakat termasuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) dalam menutupi kebutuhannya. Kebijakan yang ada belum mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi PMI di Suralaga. Kebijakan tersebut membutuhkan strategi khusus di lapangan yang melibatkan pemerintah desa sebagai ujung tombak pelaksana kebijakan. Pemerintah Desa di Kecamatan Suralaga mengeluarkan strategi khusus dalam penanganan dampak pandemi Covid-19 yang menimpa PMI di Suralaga meliputi, pembuatan UMKM, pengembangan sektor pertanian, peternakan, dan memberikan akses menjadi PMI ilegal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dalam menganalisis data. Teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, FGD dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari pemerintah daerah, pemerintah desa, PMI, aktivis pemerhati PMI/LSM, dan penyalur PMI. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pandemi Covid-19 mengakibatkan terjadinya krisis ekonomi pada kalangan PMI di Kecamatan Suralaga. Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat dan daerah belum mampu menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi PMI di Kecamatan Suralaga. Menindak lanjuti hal tersebut, pemerintah desa yang terdiri dari Desa Paok Lombok, Desa Suralaga, dan Desa Dasan Borok yang ada di Kecamatan Suralaga mengeluarkan strategi untuk mengembangkan perekonomian PMI di Kecamatan Suralaga Pada masa pandemi Covid-19 meliputi, pengembangan usaha pertanian, peternakan, kewirausahaan, UMKM, hingga mendukung akses untuk menjadi PMI Ilegal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Strategi Pemerintah Desa, PMI, Pengembangan Ekonomi, Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Jun 2022 16:31
Last Modified: 08 Jun 2022 16:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29243

Actions (login required)

View Item View Item