SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS PERILAKU KONSUMEN KOPI TRADISIONAL “KAWA KETE” DI KECAMATAN SUMBAWA

Yoga, Nofril Nanda (2022) SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS PERILAKU KONSUMEN KOPI TRADISIONAL “KAWA KETE” DI KECAMATAN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_YOGA_NOFRIL_NANDA_C1G018187_Revisi fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui segmentasi pasar kopi kawa kete di Kecamatan Sumbawa; (2) Untuk menganalisis dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian kopi kawa kete. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Unit analisis pada penelitian ini adalah konsumen yang mengkonsumsi kopi kawa kete di Kecamatan Sumbawa. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Sumbawa (Kelurahan Brang Biji, Kelurahan Lempeh, dan Kelurahan Uma Sima) dengan teknik purposive sampling. Penentuan responden dilakukan secara accidental sampling dengan jumlah sebanyak 50 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Segmentasi pasar kopi kawa kete di Kecamatan Sumbawa akan lebih baik jika tujuan atau target konsumen dari masyarakat yang berusia 17 tahun - 24 tahun dan berjenis kelamin laki-laki, dengan tingkat pendidikan lulus SMA ataupun sedang menempuh pendidikan perguruan tinggi yang rata-rata memiliki pendapatan sebesar <Rp. 1.000.000,- dan rata-rata tingkat pembelian kopi kawa kete oleh konsumen yaitu 1 kali/2 bulan. (2) Pada pembelian kopi kawa kete, dari keseluruhan variabel bebas (harga, umur, pendapatan, tingkat pendidikan, kelompok referensi konsumen, dan persepsi konsumen) secara serentak berpengaruh sangat nyata terhadap keputusan pembelian kopi kawa kete, dan secara parsial dengan taraf signifikansi 5% variabel kelompok referensi dan persepsi konsumen berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian kopi kawa kete sedangkan variabel harga secara parsial berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian kawa kete dengan taraf signifikansi 15%. Untuk variabel umur, pendapatan, dan tingkat pendidikan secara parsial tidak berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian kopi kawa kete.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Segmentasi Pasar, Perilaku Konsumen, Faktor-Faktor, Keputusan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Jun 2022 16:30
Last Modified: 08 Jun 2022 16:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29244

Actions (login required)

View Item View Item