PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS I KECAMATAN KURIPAN TAHUN AJARAN

ANNISA, ANNISA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS I KECAMATAN KURIPAN TAHUN AJARAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ANNISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Kuripan Tahun Ajaran . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan tipe Quasi Eksperimental Design yang digunakan adalah tipe Nonequivlent Control Grub Design. Penelitian dilakukan terhadap dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen pada penelitian ini diberikan perlakuan berupan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Sedangkan pada kelas kontrol tidak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan hanya menggunakan model pembelajaran kocensional. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS nilai thitung ≥ ttabel, yaitu lebih besar dari pada taraf signifikansi . Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis yang sudah ditetapkan, yaitu thitung ≥ ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Kuripan Tahun Ajaran .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Jun 2022 16:27
Last Modified: 08 Jun 2022 16:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29246

Actions (login required)

View Item View Item