Tajidan, Tajidan (2021) TURNITIN: Kajian Kualitas Pelayanan Menuju Peningkatan Kepuasan Pelanggan Eksternal Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Lembaga Penelitian Universitas Mataram, Jurnal Sains Teknologi & Lingkungan.
|
Text
Tajidan_Kualitas Pelayanan_JSTL.pdf Download (968kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengukur kualitas pelayanan unit pelaksana institusi perguruan tinggi, mengukur capaian tingkat kepuasan pelanggan eksternal, dan menganalisis keterkaitan antara kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pelanggan eksternal. Untuk mencapai tujuan tersebut dilaksanakan penelitian dengan mengkombinasikan metode observasi, penyebaran angket kepada 200 orang pelanggan eksternal, diskusi kelompok terarah, dan konsultasi publik. Sebagai unit analisis dalam penelitian ini adalah pelanggan eksternal yang terdiri atas orang tua mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, dan mitra kerjasama. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, dan analisis statistik non parametrik yaitu korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan: kualitas pelayanan unit pelaksana perguruan tinggi identik dengan tingkat kepuasan pelanggan eksternal; capaian tingkat kepuasan pelanggan eksternal adalah dari baik menuju sangat baik; kepuasan pelanggan eksternal alumni dan pengguna lulusan pada posisi baik, sementara pelanggan eksternal orang tua mahasiswa dan mitra kerjasama pada posisi sangat baik.
Item Type: | Other |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | alumni; mahasiswa; mitra Kerjasama; orang tua; pengguna lulusan |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian |
Depositing User: | Dr.Ir.MS Tajidan Tajidan |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 16:22 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 16:22 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29264 |
Actions (login required)
View Item |