ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS III DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 40 MATARAM

Asmahul, Husnah (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS III DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 40 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Asmahul Husnah E1E218020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian, faktor penyebab, dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian pada masa pandemi Covid-19 di SDN 40 Mataram. jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III di SDN 40 Mataram berjumlah 14 Orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 9 dari 14 siswa mengalami kesulitan belajar dalam menyelesaikan soal perkalian. Kesulitan belajar dalam menyelesaikan soal perkalian yang terjadi di kelas III meliputi kesulitan memahami konsep, kemampuan berhitung, pemahaman soal cerita, kesulitan penulisan angka, penggunaan nilai tempat, kesesuaian langkahlangkah/prosedur. Faktor penyebab yaitu penggunaan metode hafalan, metode pembelajaran tatap muka terbatas, kurangnya perhatian orang tua, kurangnya sarana prasarana, kurangnya kesadaran siswa, kurangnya variasi mengajar guru. Upaya guru mengatasi kesulitan menyelesaikan soal perkalian meliputi variasi belajar, meningkatkan motivasi dan minat, penggunaan media, kelas tambahan, kerja sama orang tua dan guru.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Kesulitan belajar, operasi hitung perkalian, pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:55
Last Modified: 09 Jun 2022 03:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29283

Actions (login required)

View Item View Item