Rosi S., Armanzori (2017) ANALISIS LAPIS NORMA PUISI KEPADA PEMINTA MINTA KARYA CHARIL ANWAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
ARMANZORI ROSI S E1C112010.pdf Download (578kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimanakah bentuk Lapis Norma pada puisi Kepada Peminta Minta karya Chairil Anwar. 2) bagaimanakah hubungan puisi Kepada Peminta Minta karya Charil Anwar dengan pembelajaran sastra di SMA. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan bentuk lapis norma pada puisi “Kepada Peminta minta” karya Chairil Anwar. 2) Untuk mengetahui bagaimana hubungannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kepustakaan dan dilanjutkan dengan metode catat. Metode analisis data penelitian menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa puisi Kepada Peminta Minta karya Charil Anwar yaitu: a) lapis bunyi meliputi aliterasi dan asonansi, b) lapis arti makna yang sebenanya yang terkandung di dalam puisi, c) Lapis satuan arti yang meliputi objek-objek dan alur, d) lapis dunia yang dipandang dari sudut pandang tertentu, e) Lapis metafisis hal-hal yang mengerikan dalam puisi Kepada Peminta minta. Serta keterkaitan puisi ini dengan pembelajaran sastra di SMA yang tercantum pada silabus SK/KD mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas X semester I standar kompetensi: 5 Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/tidak langsung. Mengidentifikasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang. Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | puisi Kepada Peminta Minta, Lapis Norma, pembelajaran sastra. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 02:12 |
Last Modified: | 24 Apr 2018 02:12 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2929 |
Actions (login required)
View Item |