ANALISIS VALIDITAS CURAH HUJAN RANCANGAN DARI DATA SATELIT JAPAN AEROSPACE AGENCY ( JAXA ) DENGAN DATA HUJAN TERUKUR UNTUK WILAYAH SUMBAWA

AHILLA, SUHAERATUN WARO’AH (2022) ANALISIS VALIDITAS CURAH HUJAN RANCANGAN DARI DATA SATELIT JAPAN AEROSPACE AGENCY ( JAXA ) DENGAN DATA HUJAN TERUKUR UNTUK WILAYAH SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FIXXXXX Naskah Ujian Akhir Ahilla Suhaeratun W (F1A016007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ketersediaan pos hujan pada beberapa daerah terkadang tidak memadai dalam segi jumlah maupun panjang rentang pengukuran datanya, sehingga digunakan upaya alternatif memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satu sumber data yang dapat mengisi kebutuhan data pada daerah yang memiliki alat ukur terbatas adalah satelit TRMM (Tropical Rainfall Measuring Mission) Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA). Namun diperlukan untuk mengetahui apakah data satelit TRMM JAXA dapat digunakan secara langsung ataukah memerlukan penyesuaian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keakuratan data hujan satelit dalam memperhitungkan hujan rancangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yang dibagi menjadi dua kelompok perlakuan. Kelompok pertama, yaitu menghitung nilai hujan rancangan, kemudian mencari angka koreksi dari hujan rancangan yang diperoleh dari membandingkan nilai hujan rancangan dari data pengukuran. Kedua, data hujan satelit dikoreksi terlebih dahulu kemudian dibandingkan dengan data hujan pengukuran dan digunakan untuk menghitung hujan rancangan. Pada kedua kelompok tersebut kemudian dicari angka kedekatan dan keakurasian kedua perlakuan tersebut menggunakan nilai RMSE dan NSE. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan nilai hujan rancangan untuk kala ulang 100 tahun melalui pengukuran data stasiun, data satelit di 5 stasiun berturut-turut sebesar 76.022 mm, 150.147 mm. Nilai angka koreksi data hujan satelit TRMM JAXA menggunakan metode rasio rata-rata untuk ke-5 stasiun Gapit, Pungkit Atas, Rea Atas, Semongkat, Utan masing-masing sebesar 0.665, 1.445, 1.389, 1.473, 0.605. Dan nilai koreksi untuk curah hujan rancangan dari data satelit asli adalah sebesar 0.509. Curah hujan rancangan dari data hujan satelit asli mengasilkan nilai RMSE dan NSE sebesar 65.390 mm dan -24.951. Untuk data satelit yang dikoreksi menghasilkan RMSE dan NSE 82.464 mm dan -40.273. Dan curah hujan rancangan dari data satelit asli namun dikoreksi pada hujan rancangannya menghasilkan RMSE dan NSE 15.271 mm dan 0.999. Berdasarkan nilai RMSE dan NSE dapat dikatakan bahwa metode pengkoreksian yang lebih baik adalah mengkoreksi pada nilai hujan rancangannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Hujan Rancangan, Hujan Terukur, Satelit TRMM JAXA.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:56
Last Modified: 13 Jun 2022 02:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29328

Actions (login required)

View Item View Item