ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN PEREMPUAN PADA KELOMPOK WANITA TANI MEKAR DUSUN MONTONG SINGGAN, DESA SALUT, KECAMATAN KAYANGAN, KABUPATEN LOMBOK UTARA

Baiq, Honey Cantika Amelia (2022) ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN PEREMPUAN PADA KELOMPOK WANITA TANI MEKAR DUSUN MONTONG SINGGAN, DESA SALUT, KECAMATAN KAYANGAN, KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
(SKRIPSI) ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN PEREMPUAN PADA KELOMPOK WANITA TANI MEKAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)

Abstract

Kelompok Wanita Tani Mekar adalah salah satu dari empat kelompok pembudidaya lebah trigona di Dusun Montong Singgan, Desa Salut, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Berbeda dengan kelompok lain yang sebagian besar beranggotakan laki-laki, Kelompok Wanita Tani Mekar seluruh anggotanya merupakan perempuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan perempuan Kelompok Wanita Tani Mekar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan data dideskripsikan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipatif, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang digunakan oleh ketua kelompok Wanita Tani Mekar adalah gaya kepemimpinan demokratis. Dalam kegiatan formal jenis komunikasi organisasi yang digunakan oleh Ketua kelompok Wanita Tani Mekar dan anggotanya adalah komunikasi formal, sedangkan pada kegiatan informal, jenis komunikasi organisasi yang digunakan adalah komunikasi informal. Dari aspek gender ditemukan bahwa ketua Kelompok Wanita Tani Mekar cenderung menunjukkan gaya kepemimpinan dengan ciri feminin. Dengan gaya kepemimpinan demokratis dan sifat feminin yang melekat pada dirinya, pemimpin Kelompok Wanita Tani Mekar mampu memberikan pengaruh positif bagi organisasi yang dipimpinnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Komunikasi Organisasi, Gaya Kepemimpinan Perempuan, Feminin
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jun 2022 12:29
Last Modified: 13 Jun 2022 12:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29341

Actions (login required)

View Item View Item