EVALUASI KINERJA KEMITRAAN ANTARA PETANI TEMBAKAU RAJANG DENGAN PT. SADHANA ARIF NUSA DI KECAMATAN SIKUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Hairul, Maulana Sofyan (2022) EVALUASI KINERJA KEMITRAAN ANTARA PETANI TEMBAKAU RAJANG DENGAN PT. SADHANA ARIF NUSA DI KECAMATAN SIKUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_HairulMaulanaSofyan_6Juni22_Fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menganalisis pelaksanaan pola kemitraan yang terjalin antara petani tembakau rajang dengan PT. Sadhana Arif Nusa di Kecamatan Sikur. 2) Menganalisis tingkat kesesuaian kemitraan antara petani tembakau rajang dengan PT. Sadhana Arif Nusa di Kecamatan Sikur. 3) Menganalisis dan mengevaluasi pendapatan usahatani tembakau rajang yang bermitra dengan PT. Sadhana Arif Nusa di Kecamatan Sikur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknik survey. Penentuan daerah penelitian ditentukan secara purposive sampling karena desa tersebut merupakan desa yang pertama kali bekerjasama dengan PT. Sadhana Arif Nusa dan merupakan desa yang paling banyak petani bermitra. Penentuan jumlah responden dilakukan secara quota sampling dengan menetapkan 25 responden petani tembakau rajang. Petani tembakau rajang dipilih secara snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kemitraan menggunakan pola KOA (kerjasama operasional agribisnis), tingkat kepuasan kemitraan 87% dan tingkat kepentingan 95%, serta pendapatan usahatani tembakau rajang mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Evaluasi, Kinerja Kemitraan, Tembakau Rajang, Kecamatan Sikur
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jun 2022 12:29
Last Modified: 13 Jun 2022 12:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29345

Actions (login required)

View Item View Item