IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PEMULIHAN EKONOMI PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) AKIBAT PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN SURALAGA LOMBOK TIMUR

Muhammad, Ali Sopian (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PEMULIHAN EKONOMI PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) AKIBAT PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN SURALAGA LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan aktivitas sosial di seluruh sektor, terutama di sektor pekerja swasta termasuk Pekerja Migran Indonesia (PMI). Hal ini berdampak pada perekonomian masyarakat dan juga pekerja migran terlebih dengan adanya peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah seperti lockdown, pembatasan sosial berskala besar (PSBB), dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sehingga terjadinya kesulitan ekonomi bagi masyarakat khususnya keluarga pekerja migran Indonesia (PMI). Sejak tersebarnya Covid-19 di Indonesia, pemerintah pusat dan daerah telah mengeluarkan kebijakan strategis untuk menanggulangi krisis yang ditimbulkan akibat Covid-19 dengan membuat jaring pengaman sosial untuk masyarakat berupa bantuan langsung dan bantuan non tunai. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dan menjelaskan tentang implementasi Kebijakan Pemerintah Dalam Pemulihan Ekonomi Pekerja Migran Indonesia (PMI), Akibat Pandemi Covid-19 di Kecamatan Suralaga, Lombok Timur. Teknik pengambilan data melalui observasi-partisipasi, wawancara mendalam, FGD, dan dokumentasi. Penelitian mengambil sampel 14 terdiri dari 3 informan kunci, 6 informan utama dan 5 informan pendukung. Kebijakan pemerintah berupa bantuan seperti (1) Bantuan paket sembako; (2) Bantuan tunai senilai Rp 600.000,00 bagi warga terdampak Covid-19 yang belum masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS); (3) Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (pengalihan sebagian anggaran Dana Desa) bagi keluarga penerima manfaat (KPM) sebesar Rp600.000.00 per bulan dan bantuan subsidi listrik 450 AV dan 900 AV. Fokus dalam penelitian ini adalah bantuan sembako, bantuan listrik dan BLT dana desa. Adanya data yang bervariasi mulai dari mengeluhkan bantuan yang tidak tepat sasaran ada yang tidak peduli dengan kebijakan, ada yang mendapatakan bantuan sampai ingin protes karena tidak mendapatkan bantuan sama sekali. Maka dari itu implementasi kebijakan pemrintah dalam pemulihan ekonomi Pekerja Migran Indonesia (PMI) belum berjalan dengan baik dan sesuai harapan PMI, namun hanya beberapa masyrakat yang bisa merasakan bantuan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: : implementasi, pekerja migran, Covid-19, kebijakan, ekonomi, Suralaga.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jun 2022 12:29
Last Modified: 13 Jun 2022 12:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29346

Actions (login required)

View Item View Item