ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MEBEL BERBASIS KAYU DI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Ismi, Alawiyah (2022) ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MEBEL BERBASIS KAYU DI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1. SKRIPSI ISMI ALAWIYAH C1G018073.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ismi Alawiyah Tujuan dari penelitian yaitu: (1) menganalisis biaya produksi dan keuntungan usaha produk industri mebel berbasis kayu di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat; (2) menganalisis tingkat kelayakan finansial usaha produk industri mebel berbasis kayu di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat; (3) menganalisis strategi pengembangan usaha mebel berbasis kayu di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Unit analisis adalah usaha mebel berbasis kayu di Desa Ranjok Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Penentuan daerah penelitian secara purposive sampling. Penentuan jumlah responden secara sensus sebanyak 24 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Biaya produksi yang di gunakan adalah Rp.22.571.789,-/bulan. Dan keuntungan yang diperoleh adalah Rp.9.444.868,-/bulan. (2) Usaha mebel berbasis kayu dinyatakan layak secara finansial karena memiliki R/C Ratio sebesar 1,41. (3) Strategi pengembangan usaha yang dapat digunakan usaha ini berdasarkan matriks SWOT yaitu melakukan promosi besar-besaran dengan cara menjalin kemitraan dengan perusahaan besar untuk memperluas pangsa pasar dan memanfaatkan media social untuk mempromosikan produk dengan memasang iklan di marketplace atau platform penjualan online, meningkatkan kualitas produk dari pemilihan bahan baku, memanfaatkan tenaga kerja dalam keluarga untuk memenuhi peningkatan permintaan konsumen dengan cara menggunakan ketersediaan bahan baku yang banyak untuk memanfaatkan kekuatan perusahaan yang tidak memiliki kendala dalam proses produksinya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Mebel, Keuntungan, Kelayakan Finansial dan Analisis SWOT
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jun 2022 12:30
Last Modified: 13 Jun 2022 12:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29348

Actions (login required)

View Item View Item