PENGARUH WAKTU FERMENTASI DAN PERSENTASE RAGI TERHADAP HASIL AKHIR KADAR DAN VOLUME ETANOL PADA MOLASE SEBAGAI BAHAN BAKAR KOMPOR BIOETANOL

YUDI, AHMAD EFENDI (2022) PENGARUH WAKTU FERMENTASI DAN PERSENTASE RAGI TERHADAP HASIL AKHIR KADAR DAN VOLUME ETANOL PADA MOLASE SEBAGAI BAHAN BAKAR KOMPOR BIOETANOL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA yudi ahmad efendi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Semakin banyak penggunaan bahan bakar fosil maka seiring dengan berjalannya waktu akan habis, karena bahan bakar fosil tidak dapat diperbaharui. Oleh karena itu bioetanol dapat dijadikan sebagai bahan bakar alternatif untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Bioetanol merupakan bahan bakar yang ramah lingkungan dan lebih efisien. Bioetanol dengan kadar tinggi sangat diperlukan, jika kompor bioetanol menggunakan kadar alkohol kurang dari 60% kebanyakan kompor bioetanol akan cepat padam, karena air pada kandungan bioetanol tidak bisa menguap secara maksimal. Pada penelitian kali menggunakan dua variasi yaitu waktu fermentasi dan persentase ragi. Variasi waktu fermentasi yang digunakan yaitu 3 hari, 5 hari, dan 7 hari, sedangkan persentase ragi yang digunakan yaitu 0,5%, 1% dan 1,5%. Jadi dari dua variasi tersebut didapatkan 9 macam perlakuan dengan 3 kali pengulangan sehingga total sampel ada 27. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari variasi waktu fermentasi dan persentase ragi terhadap kadar dan volume alkohol yang dihasilkan. Produksi bioetanol dilakukan dengan proses fermentasi dan penambahan aeirasi selama 3 jam terhadap larutan molase, kemudian dilakukan distilasi untuk mendapatkan bioetanol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variasi waktu fermentasi berpengaruh terhadap volume bioetanol yang dihasilkan, tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar bioetanol yang dikhasilkan. Faktor persentase ragi merupakan faktor dominan dalam kadar bioetanol, namun tidak berpengaruh terhadap volume bioetanol yang dihasilkan. Perlakuan yang menghasilkan volume dan kadar bioetanol paling tinggi adalah waktu fermentasi selama 7 hari dan persentasi ragi 0,5% dengan rata-rata volume bioetanol yang dihasilkan sebanyak 1278 ml dan kadar alkohol yang dihasilkan sebesar 85,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Bioetanol, molase, Brix, Alternatif.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:06
Last Modified: 15 Jun 2022 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29355

Actions (login required)

View Item View Item