CATUR, ROSMAWARNI (2022) PERAN GURU PPKn DALAM MENGOPTIMALKAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS X DI SMAN 1 LABUAPI. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI CATUR RASMAWARNI_E1B015010.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PPKn dalam mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 pada kelas X di SMAN 1 Labuapi serta faktor-faktor pendukung dan penghambat guru PPKn dalam mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PPKn kelas X di SMAN 1 Labuapi. Informan dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan beberapa siswa kelas X di SMAN 1 Labuapi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) peran guru PPKn mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 yaitu peran sebagai pendidik, pembimbing, motivator dan fasilitator. 2) pelaksanaan pembelajaran PPKn dimasa pandemi Covid-19 pada siswa kelas X di SMAN 1 Labuapi yaitu pembelajaran daring dan tatap muka terbatas. 3) faktor pendukung dan penghambat guru PPKn dalam mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 pada siswa kelas X di SMAN 1 Labuapi yaitu (1) faktor pendukung berupa semangat guru, dukungan sekolah, dan dukungan siswa, (2) faktor penghambat yaitu berupa cuaca buruk, kesehatan guru, jaringan internet, dan kurangnya kesadaran siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci: peran guru PPKn, pembelajaran dimasa pandemi covid-19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 04:07 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 04:07 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29358 |
Actions (login required)
View Item |