RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) YANG DITANAM DI LUAR MUSIM DENGAN BEBERAPA PERLAKUAN DOSIS PUPUK PETROGANIK

Nuzuliyana, Nuzuliyana (2022) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) YANG DITANAM DI LUAR MUSIM DENGAN BEBERAPA PERLAKUAN DOSIS PUPUK PETROGANIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NUZULIYANA FIKS 2..fik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Budidaya tanaman cabai yang dilakukan serempak pada musim yang sama menyebabkan terjadinya fluktuasi harga cabai yang sangat tinggi. Oleh karena itu, untuk mendapatkan harga lebih tinggi,budidaya tanaman cabai dilakuan di luar musim (off season). Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi gagal panen di luar musim adalah pemberian pupuk organik untuk meningkatkan produktivitas tanaman cabai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk Petroganik terhadap pertumbuhan tanaman cabai rawit yang ditanam di luar musim. Percobaan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 hingga bulan Maret 2022 di lahan Unram Farming di Desa Nyurlembang, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Perlakuan terdiri atas dosis pupuk Petroganik dengan 5 perlakuan yaitu P0 ( Kontrol ), P1 ( 200 g/petak), P2 ( 400 g/petak), P3 (600 gram/petak) dan P4 (800 gram/petak). Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 ulangan. Data hasil pengamatan di analisis menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh perlakuan dosis pupuk Petroganik tidak berpengaruh nyata pada variabel total dan laju pertumbuhan tanaman cabai rawit, tetapi perlakuan P4 memberikan hasil paling baik pada laju pertumbuhan tanaman. Dosis pupuk Petroganik juga memberikan hasil tidak berpengaruh nyata terhadap Jumlah bunga, jumlah bunga jadi dan persentase bunga jadi dan hasil tanaman cabai rawit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Luar musim, Pupuk petroganik, Cabai Rawit
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:07
Last Modified: 15 Jun 2022 04:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29363

Actions (login required)

View Item View Item