ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP BUAH-BUAHAN SEGAR (STUDI KASUS DI LOTTE GROSIR KOTA MATARAM)

Wahida, Nurhaerani (2022) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP BUAH-BUAHAN SEGAR (STUDI KASUS DI LOTTE GROSIR KOTA MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi_wahida nurhaerani_04062022...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

uah-buahan merupakan bahan pangan sumber vitamin. Buah cepat sekali rusak oleh pengaruh mekanik, kimia dan mikrobiologi sehingga mudah menjadi busuk. Hal ini membuat perusahaan lebih meningkatkan kualitas pada produk dan pelayanan yang ada. Namun pada produk buah-buahan mengalami penurunan kualitas setiap harinya mulai dari kesegaran buah, kecerahan warna, dan mudah membusuk pada akhirnya penjualan menurun, angka penjualan di Lotte Grosir Kota Mataram menurun seiring dengan menurunnya kualitas pada buah-buahan segar. Di Lotte Grosir sendiri belum banyak buah-buahan segar siap santap atau sudah dikupas secara sempurna yang dapat dikonsumsi secara langsung oleh para konsumen dibandingkan dengan pasar modern lainnya yang sudah menyediakan berbagai buah-buahan segar yang dapat dikonsumsi secara langsung dengan kemasan yang cukup menarik, hal ini membuat perusahaan produk buah-buahan segar dituntut lebih dalam mengembangkan serta mengelola produk buah-buahan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Kepuasan konsumen terhadap buah-buahan segar di Lotte Grosir Kota Mataram (2) Apa saja faktor – faktor yang memperngaruhi kepuasan konsumen dalam pembelian buah-buahan segar di Lotte Grosir Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli buah-buahan segar di pasar modern Lotte Grosir. Penentuan lokasi penelitian ditentukan dengan secara “purposive sampling” yaitu Lotte Grosir Kota Mataram. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan “quota sampling” sebanyak 50 orang dan penentuan responden menggunakan accidental sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif adalah data atau informasi yang berupa simbol, angka atau bilangan, berdasarkan data tersebut digunakan untuk menghitung kepuasan konsumen terhadap buah-buahan segar dan data kualitatif adalah informasi yang berbentuk kalimat verbal bukan berupa simbol bilangan atau angka. Data Primer adalah data yang diperoleh dari sumber pertama baik dari individu atau perorangan seperti hasil wawancara atau hasil kuesioner yang biasa dilakukan peneliti. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari dinas atau instansi yang berkaitan dengan penelitian ini. Analisis data yang digunakan adalah Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Metode Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penilitian menunjukkan bahwa: (1) Konsumen merasa sangat puas terhadap buah-buahan segar di Lotte Grosir Kota Mataram. (2) Faktorfaktor yang mempengaruhi kepuasan terhadap buah-buahan segar di Lotte Grosir pada bulan maret yaitu Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasanterhadap buah-buahan segar di Lotte Grosir pada bulan Maret. Faktor yang mempengaruhi paling banyak konsumennya adalah tempatnya nyaman, diikuti Tempatnya yang luas, bersih, kualitasnya bagus, harga yang terjangkau, murah, pelayanannya bagus, banyak promo, banyak jenis buah, buahbuahannya segar, buah-buahannya lengkap, adem, tersedianya peralatan lain, belanjanya enak, kandungan buah-buahannya, untuk pelancar pencernaan, untuk kesehatan, kondisi, gampang didapatkan, rasanya yang manis, segar dan terpenuhi gizinya. Dari hasil penelitian Sebaiknya pihak Lotte Grosir lebih memperhartikan harga buah-buahan yang dipasarkan masih tinggi angka kepentingan dari pada kepuasan, agar pihak Lotte lebih banyak melakukan diskon setiap pembalian buah-buahan.(2) Pihak Lotte Grosir disarankan lebih mempublikasikan dimedia cetak lokal dengan harapan konsumen tertarik dengan mengetahui manfaat dan kelebihannya dari produk tersebut

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kepuasan, Buah, Lotte Grosir
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Jun 2022 09:03
Last Modified: 16 Jun 2022 09:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29369

Actions (login required)

View Item View Item