PENGARUH DIAMETER PIPA DAN KOMPOSISI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA HIJAU (Lactuca sativa L.) PADA SISTEM HIDROPONIK VERTIKAL

Rita, Supiana (2022) PENGARUH DIAMETER PIPA DAN KOMPOSISI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA HIJAU (Lactuca sativa L.) PADA SISTEM HIDROPONIK VERTIKAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_RITA SUPIANA_C1M017108.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Laju pertambahan jumlah penduduk yang terus meningkat disertai dengan alih fungsi lahan pertanian menjadi salah satu faktor rendahnya produktivitas pangan. Kebutuhan pangan masyarakat juga meningkat sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengoptimalkan fungsi lahan pertanian dengan menerapkan sistem budidaya secara hidroponik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diameter pipa dan komposisi media tanam serta interaksinya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada hijau (Lactuca sativa) pada sistem hidroponik vertikal. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juli 2021 di Rumah Kaca, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram. Metode yang digunakan adalah eksperimental. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap Faktorial (RAL Faktorial) dengan dua faktor utama dan empat ulangan. Faktor pertama adalah diameter pipa yang terdiri atas tiga aras (4 inci, 5 inci, dan 6 inci) sedangkan faktor kedua adalah komposisi media tanam yang terdiri atas tiga aras yakni cocopeat : arang sekam dengan perbandingan volume 1:1, 1:2, dan 1:3. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Analysis of Variance (Anova) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan diameter pipa berpengaruh nyata terhadap semua variabel pengamatan kecuali laju pertambahan tinggi tanaman, sedangkan perlakuan komposisi media tanam berpengaruh tidak nyata terhadap semua variabel pengamatan. Interaksi antara diameter pipa dan komposisi media tanam berpengaruh tidak nyata terhadap semua variabel pengamatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: hidroponik; agregat; ab mix; bobot
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Jun 2022 09:06
Last Modified: 16 Jun 2022 09:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29382

Actions (login required)

View Item View Item