IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI POKOK HAM MATA PELAJARAN PPKN KELAS XI MA NW LENDANG NANGKA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MUHLISINALAHUDDIN, MUHLISINALAHUDDIN (2022) IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI POKOK HAM MATA PELAJARAN PPKN KELAS XI MA NW LENDANG NANGKA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUHLIS_E1B015032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dan faktor apa yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI di MA NW Lendang Nangka. Teknik pemilihan subjek ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penetuan informan untuk tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan mengumpulan data, reduksi data, penyajian data, interpretasi data, penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ditemukan bahwa kesulitan yang dialami siswa yaitu Siswa yang mengalami kesulitan belajar menunjukkan sikap yang kurang wajar (Social). Pencapaian akademik siswa rendah (Academic). Kesulitan membuat pemahaman baru (Metacognition). Siswa lamban dalam memproses sesuatu (Processing speed). Siswa sulit menafsirkan apa yang dirasakan, didengar, dan dilihat (Perception). Siswa kurang perhatian dankurang fokus dalam belajar (Attention). Terlalu banyak kegiatan yang kurang bermanfaat yang siswa lakukan sehingga sulit untuk mengingat materi pelajaran (Memory). Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar ada 2 faktor yaitu kurangnya perhatian siswa terhadap materi pelajaran (konsentrasi), kurangnya partisipasi dan respons siswa saat mengikuti kegiatan belajar mengajar (reaksi), lambatnya siswa dalam memahami materi (pemahaman), nilai ulangan yang tidak tuntas (ulangan). Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhinya yaitu pengaruh teman di masyarakat yang selalu bermain (lingkungan sosial masyarakat).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kesulitan belajar siswa; Mata Pelajaran PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Jun 2022 09:06
Last Modified: 16 Jun 2022 09:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29383

Actions (login required)

View Item View Item